Selasa, 27 November 2012

Tokoh Fisika Klasik

-->
THOMAS ALVA EDISON
(1847-1931)

I. Sejarah hidup
Thomas Alva EdisonThomas alva edison dilahirkan pada tanggal 11 februari tahun 1847 di milan, ohio,usa. Dia adalah anak bungsu dari 7 orang bersaudara, dari bapak samuel edison,. Dan ibu nancy elliot edison. Ibunya adalah guru sekolah, dan bapaknya adalah pedagang mulai grocery store dan real estate. Ketika thomas berumur 7 tahun, keluarganya pindah ke port huron, michigan. Dia adalah anak yang mempunyai rasa ingin tahu yang besar (curious) dan banyak bertanya.
Thomas alva edison memulai sekolah pada umur 7 tahun di port huron, michigan.Gurunya, reverend g. B. Engle menganggap thomas adalah siswa yang bodoh. Thomas tidak suka matematika, dan terlalu banyak bertanya. Ceritanya, guru pada waktu itu tidak menyukai siswa yang banyak bertanya. Setelah 3 bulan sekolah,. Thomas, diberi surat oleh gurunya untuk diserahkan kepada orang tuanya. Isi suratnya, adalah tentang ketidak sanggupan guru mendidik thomas, dan agar dididik sendiri oleh orang tuanya atau dipindah ke sekolah lain. Intinya dia dikirim ke rumah, karena gurunya tak sanggup menanganinya.
Hari berikutnya, nancy edison membawa thomas kembali ke sekolah untuk bicara dengan reverend engle. Guru tersebut mengatakan kepada ibunya bahwa thomas tak bisa belajar nancy sangat marah dengan cara guru yang sangat strik tersebut. Dia bawa kembali anaknya ke rumah dan memulai melakukan pembelajaran kepada thomas. Walaupun disebutkan bahwa dia mengikuti 2 sekolah yang lain, tetapi dia sangat jarang hadir di sekolah.
Jadi, hampir seluruh masa pembelajaran thomas semasa kecilnya terjadi di rumah. Nancy edison menyemangati dan mendorong rasa ingin tahu thomas dengan belajar sendiri melalui buku dan experimen. Orang tuanya mempunyai dedikasi tinggi untuk mengajar anaknya. Mereka tidak memaksa anaknya untuk belajar sesuatu yang tidak disukai thomas. Maka thomas belajar tentang sesuatu terutama yang menarik baginya.
Sewaktu Thomas berumur 9 tahun, nancy edison memberi edison buku sains dasar. Buku tersebut menjelaskan tentang bagaimana percobaan kimia dilakukan di rumah. Thomas melaksanakan setiap experimen yang ditulis pada buku tersebut. Dan nancy memberi buku sains lebih banyak untuk thomas. Akhirnya thomas sangat mencintai ilmu kimia dan membelanjakan semua uang jajannya untuk pembelian zat kimia pada toko pharmasi lokal.
Dia mengumpulkan botol, kabel, dan ala-alat lainnya untuk experimennya. Pada umur 10 tahun, thomas membangun labaratorim sains pertama di basement rumah keluarganya. Bapaknya tidak menyetujui aktifitas thomas di lantai dasar tersebut. Kadangkala, sam bapaknya memberinya 1 penny (10 cent) agar thomas kembali membaca buku. Tetapi sering thomas menggunakannya untuk membeli lebih banyak zat kimia untuk experimennya. Semua botol yang digunakan dalam experimen diberi label. Dan tentunya dia mengetahui spesifik masing-masing botol tersebut. Karena memerlukan uang untuk membeli peralatan laboratoriumnya, ia menjual koran dan makanan kecil di kereta api.
Pada umur 12 tahun, edison telah memiliki ruangan sendiri di kereta barang jalur kereta api yang selalu di ikutinya dalam berjualan. Selama mengikuti perjalanan kereta api tersebut, edison juga belajar tentang telegraf hingga diangkat menjadi operator telegraf.edison juga pernah menjadi kepala komisi penasehat angkatan laut Amerika serikat pada saat perang dunia edison pertama kali menemukan telegraf yang dapat mencetak kembali signal yang dikirimkan.
Thomas alfa edison memiliki hak paten yang pertama untuk sebuah alat listrik yang dapat mencetak getaran suara. dari tahun 1870 sampai dengan 1875, edison banyak melakukan pembaharuan terhadap telegraf, termasuk pemancarnya, penerimanya, media cetaknya maupun pita pada pengetuknya. berbagai penemuannya terus mengalir sampai kematian edison. edison meninggal di new york pada tanggal 18 oktober 1931dengan meniggnalkan ratusan hasiil penemuannya.

II.Konsep yang ditemukan
Dari tahun 1870 sampai dengan 1875, edison melakukan pembaharuan pada system telegraf, dengan puncaknya pada penenuan suatu system dimana empat macam pesan dapat dikirimkan sekaligus melalui suatu kawat.
Pada tahun 1870, edison bekerja sama dengan christopher soles bapak media ketik. dalam kerja sama ini edison berhasiul menyempurnahkan mesik ketik. pada tahun 1876, edison juga berhasil menyempurnahkan system telepon alezander graham bell. ia juga menemukan mikrofon. pada tahun 1877, edison menampilkan penemuan yang paling disenaginya. penemuan itu adalah alat perekam yan disebutnya “phonograph”. alat ini menggunakan suatu silinder dibunkus kertas timah, diputar dengan tangan sementara sepucuk jarum mengikuti jalur yang ada pada silinder tersebut. pada tahun 1877, edison mendapat hak paten “phonograph” yaitu alat yan dapat mencatat getaran suara.
Pada tahun 1878 dengan menggunakan cara coba-coba, edison mulai menyelidiki pengembangan bola lampu pijar, ribuan percobaan yang dibuatnya sebelum mencapai hasil dengan menggunakan arang dari benang katun sebagai pijar yang ditaruh di tempat hampa udara hingga tidak terbakar habis dan katup udara di dasar bola lampu. arang benang jadi mengeluarkan sinar pijar yang terang. pada tanun 1979, edison membuat lampu pijar yang pertama dan hak paten lampu pijar didapatkan pada tahun 1880. tahun 1883, edison menemukan efek aliran elektroin pada filament.



III. Pengembangan konsep.
Pemasukan suara dalam gambar dilakukan pada tahun 1904 dan sampai sekarang kita banyak menemukan alat-alat perekam baik itu perekam gambar(kamera) digital yang dapat digunakan tampa menggunakan film atau rol atau juga handycam. Pengembangan konsepnya yang lain adalah terlihat pada sistem pengiriman pesan melalui kawat yang sekarang telah dikembangkan system pengiriman pesan dengan menggunakan gelombang elektromagnetik.
Penemuan edison yang telah berhasil menyempurnakan sistem telepon mikrofon bersama graham bell. sekarang telah dikembangkan sistem komunikasi jarak dekat denggan memamfaatkan mikrofon, serta sekarang kita dapat mengirimkan informasi tidak hanya kata-kata dalam bentuk tulisan, tetapi dapat langsung dikirim dengan visualisasi dari orang yang mengirim pesan tersebut. sedangkan penemuan thomas alva edison yang terbesar yaitu tentang lampu pijar yang masih mengunakan arang benang katun sebagai bahan untuk dapat membuat lampu pijar, sekarang telah dikembangkangkan lampu-lampu pijar yang berasal dari bahan filament, kawat woltfram, yang ketahanannya jauh lebih baik dari arang benang katun.

IV. Aplikasi konsep
Dengan penemuan edison tentang lampu pijar para asisten edison kemudian merencanakan prinsip dari pembangkitan tenaga listrik dan pembagiannya kerumah-rumah hingga jaringan pennerangan rumah dapat dilakukan secara praktis. di tahun 1882, stasiun pembangkit tenaga listrik yang pertama di buka di jalan pearl, new york, namun edison masih mengunakan system arus searah. pada tahun 1885 edison menemukan alat yang dapat mengirimkan grafik jarak jauh melalui signal udara.
Pada tahun 1884 kamera film komersial pertama kali di pertunjukan di new york. pemasukan suara dalam gambar dilakukan pada tahun 1904, dan alat-alat perekam baik itu perekam gambar(kamera) digital yang dapat di gunakan tampa mengunakan film atau rol atau juga handycam yang dapat lansung merekam kejadian-kedian yang sedang terjadi, video, dan lain-lain serta telah diterapkan diaplikasikan pada bioskop dengan suara dipertunjukkan pada tahun 1908.

V. Konsep masa depan
Untuk perkembangan konsep kedepan, kita dapat menggunakan alat-alat perekam dengan memakai berbagai peralatan yang lebih baik, yakni kita dapat mengakses/mengirim imformasi, pesan, gambar secara langsung dari pikiran kita ke pikiran orang yang kita ingginkan. selain itu juga, untuk keadaan krisis listrik yang sekarang sedang kita hadapi, dengan komsep pembuatan lampu pijar yang telah ditemukan edison, kita dapat membuat lampu pijar tenaga matahari yang dapat menerangi satu kota dengan kapasitas tertentu.

0 komentar:

Posting Komentar

 
;